Kamis, 18 November 2010

U H 3 KELAS IX SEMESTER GANJIL

ULANGAN HARIAN KETIGA SEMESTER GANJIL KELAS IX SMP N 199
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
NAMA/KELAS : ………………………….
Informasi Materi Soal :
1. Paragraf adalah bagian dasar dari sebuah karya tulis yang terdiri dari kumpulan kalimat-kalimat yang membagun sebuah ide.
Dalam sebuah paragraf ada bagian :
Kalimat Pokok/Utama
Kalimat penjelas/pendukung
Kalimat pokok adalah kalimat yang paling terpenting dalam sebuah paragraf karena merupakan ide utama dalam paragraf tersebut.

2. Contoh paragraf Deduktif:
Kita semua terpengaruh oleh warna. Ada beberapa warna yang sangat kita suka dan beberapa warna yang tidak kita suka sama sekali. Beberapa warna melenakan kita, lainnya mengherankan kita, ada yang membuat kita senang dan ada juga yang membuat kita sedih. Manusia terpengaruh oleh warna lebih dari yang mereka duga karena warna berhubungan erat dengan semua aspek kehidupan kita.

3. Analisis paragraf Deduktif:

Kalimat Pokok : Kita semua terpengaruh oleh warna
(ide pokok : Kita terpengaruh)
Kalimat penjelas/pendukung :
a. Ada beberapa warna yang sangat kita suka dan beberapa warna yang tidak kita suka sama sekali.
(ide penjelas : kita suka beberapa warna dan kita tidak suka warna)
b. Beberapa warna melenakan kita, lainnya mengherankan kita, ada yang membuat kita senang dan ada juga yang membuat kita sedih.
(ide penjelas : warna melenakan, mengherankan, membuat senang dab sedih)
c. Manusia terpengaruh oleh warna lebih dari yang mereka duga karena warna berhubungan erat dengan semua aspek kehidupan kita.
(ide penjelas : manusia terpengaruh warna)

4. Macam Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama
a. Paragraf Deduktif
Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat pokok kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas.
Contoh :
Kemauannya sulit untuk diikuti. Dalam rapat sebelumnya sudah diputuskan bahwa dana itu harus disimpan dulu. Para peserta sudah menyepakati hal itu. Akan tetapi, hari ini ia memaksa menggunakannya membuka usaha baru.
b. Paragraf Induktif
Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat pokok
Contoh
Semua orang menyadari bahwa bahasa merupakan sarana pengembangan budaya. Tanpa bahasa, sendi-sendi kehidupan akan lemah. Komunikasi tidak lancar. Informasi tersendat-sendat. Memang bahasa alat komunikasi yang penting, efektif, dan efisien.
c. Paragraf Campuran
Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat topik.
Kalimat topik yang ada pada akhir paragraf merupakan penegasan dari awal paragraf.
Contoh
Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi. Kegiatan apa pun yang dilakukan manusia pasti menggunakan sarana komunikasi, baik sarana komunikasi yang sederhana maupun yang modern. Kebudayaan dan peradaban manusia tidak akan bisa maju seperti sekarang ini tanpa adanya sarana komunikasi.

Keterangan : Kalimat yang tercetak miring sebagai pokok pikiran sedangkan yang lain sebagai penjelas.

SOAL :
PERHATIKAN PARAGRAF DI BAWAH INI !
Saat ini Indonesia sedang berusaha membangkitkan perekonomiannya. Banyak usaha yang dilakukan, mulai dari menekan jumlah barang import yang mengalahkan pemakaian barang lokal. Pemerintah juga meluaskan lapangan pekerjaan, agar sumber daya manusia (SDM) dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembangunan Negara. Bagia pelaku korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang sangat merugikan perekonomian Negara tentunya akan diberikan sanksi tegas. Karena yang kita ketahui Indonesia terpuruk akibat KKN yang terjadi di segala institusi. Oleh karena itu, dengan usaha yang dilakukan sekarang diharapkan Indonesia dapat membangkitkan perekonomiannya.

PERTANYAAN :
Analisislah paragraf tersebut di atas, apakah termasuk paragraf deduktif, ataukah paragraf induktif, ataukah termasuk paragraf campuran. Setelah kamu mengetahui macam paragrafnya, kemudian buatlah analisis paragrafnya, seperti contoh analisis paragraf deduktif pada nomor 3 !
URAIAN JAWABANNYA SEBAGAI BERIKUT :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Permisi...,
Pak, APA maksud bapak mengadakan ulangan online? Memonopoli waktu biar jam Bapak di sekolah nggak cepat habis karena ulangan? Atau menyiksa siswa yang sulit mengakses internet, sehingga mereka harus menghabiskan uang banyak untuk ke warnet, untuk MENGERJAKAN ULANGAN?

Apa Bapak tak tau, masih BANYAK murid yang masih sulit akses internet, apalagi di musim hujan ketika cuaca tak selalu cerah, dengan arti mereka takkan selalu bisa ke warnet jika hujan deras. Saya heran, bagaimana Bapak tak pernah berpikir tentang itu?

Jadi Pak, SAYA MENOLAK KERAS pada usaha bapak ulangan online, saya benar-benar menganggap itu tak adil. Tak semua anak bisa akses internet dengan mudah, kenapa Bapak malah menyusahkan mereka? Entah apa tujuan yang Bapak maksud dengan ulangan online ini, saya tak mengerti. Apa mungkin memperbagus nilai, tidak juga. Saya jauh lebih senang diajar istri Bapak yang baik hati dan tidak menyusahkan kami.

Maaf saja Pak, saya harap Bapak tak lagi menyusahkan kami tiga kali lipat lebih ribet dari pada ulangan biasa dengan ulangan online.

TERIMAKASIH
ini hanya sekadar kritik

Posting Komentar